Ciri-Ciri Penipu Online Shop Di Instagram Atau Sosial Media Lainnya - MasKalem Ciri-Ciri Penipu Online Shop Di Instagram Atau Sosial Media Lainnya

Ciri-Ciri Penipu Online Shop Di Instagram Atau Sosial Media Lainnya
Ciri-Ciri Penipu Online Shop Di Instagram Atau Sosial Media Lainnya

Bagi kalian yang sering menggunakan Instagram pasti kalian pernah menjumpai postingan orang berjualan yang mengatas namakan dirinya sebagai Online Shop. Tapi perlu diketahui bahwa tidak semua postingan itu benar, sebab ada juga penipu yang berkedok sebagai penjual yang hanya ingin mengambil uang kalian saja.

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini saya akan memberikan kalian beberapa Ciri-Ciri Penipu Online Shop Di Instagram, agar kalian tidak menjadi salah satu korban penipuan tersebut. Berikut ciri-ciri yang harus kalian ketahui dan waspadai.

Ciri-Ciri Penipu Online Shop Di Instagram Yang Wajib Kalian Ketahui

Hargan Yang Terlalu Murah

Sama seperti penipuan di internet lainnya, para pelaku penipuan memasang harga yang terlalu murah terhadap barang dagangannya. Bahkan biasanya diiming-imingi promo beli 2 gratis 1. Kedua hal tersebutlah yang menjadi daya tarik para calon korban.

Follower Banyak Tapi komentar dan Like Sedikit

Kebanyakan akun Instagram penipuan memiliki follower yang bisa dibilang banyak. Follower tersebut bukan didapatkan secara langsung dari toko online yang mereka bangun, melainkan mereka membeli akun Instagram yang memiliki follower tertentu.

Sudah bukan rahasia lagi jika banyak penjual akun Instagram yang memiliki follower diatas 10k bahkan 100k. Dan salah satu contoh paling mencolok ialah jumlah like nya yang sedikit serta isi komentar yang didominasi tanya harga.

Menggunakan Nama Toko Online Populer Tapi Barangnya BM (Black Market)

Ada beberapa toko online penipuan menggunakan nama toko online yang cukup populer, misalnya Erafone. Mereka membuat akun Instagram Erafone BM, mereka mengaku dari toko yang di pakai namanya. Mereka menjual barang super murah karena alasan cuci gudang, promo akhir tahun dan barang BM (Black Market), ini yang membuat banyak korban percaya dan akhirnya tertipu.

Penjual Barang Lelang Alias Sitaan

Mereka juga kerap memilih cara yang lebih mudah di percaya oleh korban, salah satunya yakni barang hasil lelang. Ngaku dari pihak berwajib, harga super murah. Barang lelang itu ada, tapi di situs resmi pemerintah, dan harganya pun terbilang tinggi, bukan harga super murah seperti yang ada pada akun Instagram penipuan tersebut.

Jangan Percaya Toko Online Harga Murah Hanya Karena Iklan Sponsor dan Endorse Artis

Banyak korban yang percaya terhadap barang endorse dan iklan sponsor Instagram, itu karena mereka tidak tahu atau paham dengan cara kerja iklan sponsor dan endorse.

Penipu juga berani mengendorse barang mereka ke artis agar bisa lebih mudah mendapatkan mangsa. Endorse dari artis membuat korban percaya jika penjual tersebut jujur. Tapi tahu kan anda cara kerja endorse? Endorse itu hanya menerima uang lalu mempromosikan akun Instagram yang membayarnya. Banyak akun Instagram follower tinggi mencari endorse ngasal yang penting duit masuk.

Memberi Data Palsu dan bawa Agama

Ini cara paling ampuh di lakukan oleh para pelaku penipuan. Pertama mereka jual barang super murah, lalu ketika ada pelanggan yang tertarik lalu chat, mereka meyakinkan pelanggan dengan cara memberi data palsu mulai dari KTP, KK sampai surat usaha. Kebanyakan pelaku menggunakan data KTP, KK dan surat usaha orang lain maupun ada yang di edit sendiri.

Ketika sudah hampir deal, namun sang calon korban masih ragu untuk membayar, di sini mereka menggunakan teknik menjual menggunakan "Agama". Pelaku berani bersumpah demi agama dan seperti orang yang sangat baik, tapi nyatanya tidak demikian. Penipu itu berani melakukan apapun agar mereka dapat uang.

Tidak Mau Foto Dengan Barang Dagangannya

Sebelum melakukan proses pembelian sebaiknya kalian tanya-tanya dulu tentang barang tersebut. Salah satu pertanyaan yang mungkin jarang dijawab atau bahkan tidak mau ialah pertanyaan mengenai foto dirinya beserta barang yang akan kita beli. Jika si penjual tidak berani melakukan hal tersebut, fix penjual tersebut adalah penipu.

Tidak Mau COD atau Tidak Mau Barang Diambil Langsung Oleh Si Pembeli

Ini juga merupakan ciri-ciri yang paling mencolok. Ketika si pembeli ingin melakukan COD atau Mengambil barangnya langsung, pasti si penipu tidak mau dengan alasan bahwa barang ini BM (Black Market) atau sebagainya. Jangan percaya terhadap penjual yang seperti itu.

Tidak Paham Dengan Barang Dagangannya Sendiri

Ketika ditanya mengenai spesifikasi barang dagangannya pasti mereka akan menjawabnya dengan jawaban "YA" walaupun yang kita tanyakan itu hanya untuk mengetesnya dan asal.

Pesan saya internet itu luas, ketika kalian ketipu uang kalian akan sulit untuk kembali bahkan mungkin tidak pernah kembali. Jadi belanja di internet carilah tempat aman yang sudah pasti seperti marketplace, karena di marketplace sudah menerapkan rekber. Jangan hanya tergiur dengan harga yang murah.

Oke mungkin itu saja Ciri-Ciri Online Shop penipu di Instagram semoga bermanfaat.

Baca Juga


Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Komentar