Skip to main content

Aplikasi File dan Back Up Manager Bisa Akses Scoped Storage

Apakah diantara kalian disini ada yang tau apakah itu scooped storage? Jika belum mengetahuinya, MasKalem akan jelaskan terlebih dulu.

Scooped Storage merupakan salah satu fitur yang baru saja hadir di Android 10, fitur ini mengharuskan aplikasi untuk membaca dan menulis data di folder sandbox miliknya dan memberikan mereka akses data ke musik, video, foto dan lain-lain. Jadi simpelnya, dengan adanya fitur ini maka aplikasi tidak bisa seenaknya mengkses file yang ada pada ponsel kalian.

Tujuan dari fitur ini sudah bisa ditebak yakni untuk membuat spyware atau malware lebih sulit untuk mencapai tujuannya dan membuat data pengguna jauh lebih aman. Nah, dengan adanya perubahan ini, maka ada beberapa aplikasi yang tak akan menerapkan fitur scooped storage. Aplikasi yang terbebas dari scooped storage adalah File dan Back up manager, dan dengan demikian bila pengembang bisa membuktikan jika mereka memang membutuhkan hal tersebut, maka Google akan mengizinkannya (tak perlu menggunakan scooped storage).

Tapi tenang saja, hal ini masih dipertimbangkan oleh Google dan juga tidak akan tersedia dalam waktu dekat ini, kemungkinan besar baru diterapkan ketika Android 11.

Jadi kesimpulannya, Google masih belum konsisten dengan masalah privasi pengguna, walaupun belakangan ini mereka sering mengumbar masalah tersebut ke publik. Mudah-mudahan Google belajar dari kesalahan sebelumnya mengenai masalah privasi pengguna dan lebih peduli lagi akan hal ini.

So, gimana tanggapan kalian akan hal ini? Silakan sampaikan di kolom komentar.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar