Skip to main content

Rilis 2020, Nokia 8.2 5G Ditenagai Snapdragon 735?

HMD Global ingin menyiapkan smartphone 5G pertamanya, meski tidak dirilis pada tahun ini. Kini smartphone 5G tersebut mulai terungkap identitasnya. Siapakah ia?

Smartphone 5G pertama HMD Global tersebut dirumorkan adalah Nokia 8.2. Smartphone ini sekaligus menjadi suksesor Nokia 8.1, yang dirilis akhir tahun 2018 lalu dan tergolong smartphone kelas menengah atas.

Seorang sumber juga menyebutkan sejumlah spesifikasinya. Bocorannya Nokia 8.2 akan memakai chipset teranyar dari Snapdragon 7xx yang sudah dilengkapi modem 5G didalamnya. Chipset inilah yang disebutkan adalah Snapdragon 735.

Chipset ini belum diumumkan memang, tapi sebelumnya Qualcomm menyebut chipset 7xx paling barunya ini menggunakan fabrikasi 7nm, AI Engine terbaru, hingga fitur premium lain.

Menariknya, disebutkan smartphone ini akan tampil dengan tiga pilihan kapasitas memori internal dan RAM yang berbeda-beda. Ketiganya adalah versi 4GB RAM/64GB storage, 6GB RAM/128GB storage, dan 8GB RAM/256GB storage.

Belum banyak spesifikasi lain yang terungkap. Sebelumnya juga muncul kabar Nokia 8.2 mempunyai kamera depan pop-up, sehingga ada kemungkinan smartphone ini dibekali layar yang fullscreen tanpa adanya poni layar.

Nokia 8.2 sendiri kemungkinan akan diluncurkan pada tahun depan, mengingat dalam sebuah wawancara, CPO HMD Global Juho Sarvikas mengatakan akan merilis smartphone 5G perdananya di tahun 2020.

Soal harganya, Juho menyebut harga smartphone Nokia dengan 5G akan ada di kisaran 500 Dollar AS atau sekitar Rp 7,1 jutaan. Sehingga terbuka peluang, harga Nokia 8.2 ada dikisaran tersebut. Untuk ukuran smartphone 5G, harga ini separuh lebih murah dari yang ada saat ini seperti Galaxy S10 5G yang banderolnya mencapai Rp 17 jutaan.

Kemungkinan besar, Nokia 8.2 ini akan menjalankan Android 10, dengan segala peningkatan spesifikasi yang dimilikinya.

Gimana komentar kamu?

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar