Skip to main content

2 Cara Mengamankan Chat Whatsapp dari Penyadap

Whatsapp saat ini aplikasi chatting yang sedang gembor-gembornya dipakai. Aplikasi ini banyak dimanfaatkan untuk berkomunikasi jarak jauh mulai dari suara, teks hingga sampai mengenal muka dengan cara melalui video call.

Bahkan aplikasi ini juga dimanfaatkan untuk diskusi yang genting dalam beberapa kasus.

Pengguna whatsapp betah berlama-lama akibat dari fitur yang disajikan oleh pihak whatsapp yang sangat melekat dan membantu aktivitas dalam berkomunikasi.

Salah satu fitur yang sangat paling dibuat nyaman adalah keamanannya. Seperti yang diketahui, seiring whatsappktu teknologi semakin canggih, dan pencurian data di dunia teknologi juga semakin canggih.

Whatsapp sampai saat ini tengah hadir dengan kemanan yang bisa dibilang tingkat tinggi. Kemanannya menggunakan metode enskripsi end to end.

Artinya pesan akan dienskripsi dengan kode-kode yang acak-acakan, lalu pesan tersebut tidak dapat dilihat di server melainkan hanya dua pengguna yang sedang chatting saja yang bisa melihatnya.

Pihak whatsapp juga pun tidak akan mengetahui apa yang ada di dalam chat dua pengguna yang sedang chatting.

Kemanan ini berupa kode angka atau scanning QR code yang membuat chat sulit untuk dilihat penyadap. Hal inilah salah satu yang membuat nyaman penggunanya.

Jadi kemanan ini merupakan standar whatsapp, dan keamanan ini sudah ada secara bawhatsappan whatsapp.

Namun untuk lebih aman dan membuat sistem bekerja dengan lebih baik harus manual untuk melakukannya dengan cara mengaktifkan end to end enskripsi.

Lantas dimana letak QR kode untuk mengaktifkan end to end enskripsi?

Ada di chat, carnya masuk ke profil lawhatsappn chat lalu lihat bagian enskripsi. Sedangkan untuk mendapatkan notifikasi enskripsi silahkan kalian ketuk ikon tiga baris yang ada di sebelah pojok kanan atas.

Selanjutnya, pilih settings dan pilih account. Lalu pilih security dan di sana silahkan nyalakan notifikasi security untuk bisa enskripsi end to end.

Lantas bagaimana jika sudah tersadap dan ingin mengamankan chat?

Biasanya penyadap ini dilakukan oleh orang terdekat seperti pacar, teman dekat, gebetan, dan sebagainya. Untuk mengetahui apakah chat whatsapp kalian disadap atau tidak berikut ini caranya:

  1. Ketuk ikon tiga baris di pojok kanan atas
  2. Setelah itu ketuk whatsapp web
  3. Jika terdapat ada aktivitas seperti gambar di atas maka bisa dipastikan whatsapp telah disadap oleh orang terdekat
  4. Jika begitu silahkan dinonatifkan dengan cara menekan tombol “logout out from all computers”

Itulah artikel kali ini mengenai bagaimana cara mengamankan chat whatsapp dari penyadap baik itu pacar, gebetan, teman ataupun kerabat dekat.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar