Penyebab Ponsel Panas Dan Cara Mengatasinya

Isi Konten []

Smartphone terkadang mengeluarkan panas yang membuat pengguna merasa sedikit terganggu. Suhu panas pada smartphone tersebut diakibatkan oleh beberapa sebab. Penyebab utama smartphone menjadi panas yaitu penggunaan yang terlalu lama, seperti main game hingga berjam-jam.

Banyak pengguna yang mengeluhkan hal ini, dan mengira karena martphone yang mereka gunakan memiliki kualitas yang buruk. Namun smartphone yang mahal pun tetap sama saja mengalami hal ini.

Sebenarnya panas pada smartphone merupakan hal yang wajar. Smartphone panas karena akibat dari aktifitas kerja ponsel tersebut. Bahkan hal ini juga berlaku untuk semua sistem operasi smartphone.

Sumber panas tersebut berasal dari baterai dan chipset prosesor smartphone. Baterai akan lebih cepat panas bilamana ponsel digunakan dengan berlebihan, seperti yang saya sebutkan di atas tadi, yang membuat prosesor pada smartphone terus bekerja.

Aktifitas lain yang bisa membuat smartphone menjadi panas antara lain penggunaan GPS dan membuka pemutaran musik dibarengi dengan membuka aplikasi lainnya. Jika aktifitas tersebut dilakukan secara terus-menerus maka lama-kelamaan ponsel kalian akan lebih mudah cepat panas.

Untuk mengatasi hal tersebut Maskalem akan memberikan tips untuk kalian semua agar smartphone kalian tidak mudah cepat panas.

Mengatasi Smartphone Yang Cepat Panas

Untuk itulah kita harus bisa mengatasi hal tersebut, dan berikut beberapa solusi untuk kalian:

1. Letakkan Ponsel Pada Suhu Normal

Suhu sekiar yang panas akan membuat ponsel panas, maka dari itu hindarilah menaruh ponsel di atas TV, Kompor, atau yang lainnya. Bukan hanya akan membuat ponsel menjadi panas tapi juga akan membuat smartphone menjadi cepat rusak.

2. Hindari Penggunaan Saat Ponsel Dicharge Menggunakan smartphone ketika sedang dicharge merupakan hal yang sangat tidak dianjurkan untuk dilakukan, sebab dapat menyebabkan panas yang berlebihan dan akan akan merusak baterai ponsel tersebut. Jika dilakukan terus-menerus maka ponsel akan sering drop karena baterainya sudah rusak.

Non-aktifkan aplikasi yang tidak penting

Ini merupakan kebiasaan buruk pengguna smartphone. Seringkali tidak menutup aplikasi yang sudah tidak dipakai di latar belakang. Karena aplikasi itu tidak ditutup dengan benar, aplikasi itu masih berjalan di latar belakang. Cobalah cek apakah kalian sudah benar menutup aplikasinya agar ponsel kalian tidak panas.

4. Pastikan smartphone pada jangkauan yang signal yang normal

Pemicu lainnya ialah aktifitas ponsel dalam mencari signal. Aktifitas ini akan menguras daya baterai dan memacu kinerja ponsel lebih keras lagi.Maka dari itu pastikan lingkungan kalian mempunyai kualitas signal yang bagus, jika tidak lebih baik di mode pesawatkan saja agar ponsel tidak panas dan menghemat baterai pula.

Demikian pembahasan kali ini semoga kalian bisa tetap menjaga dan merawat ponsel kalian agar tidak cepat rusak dan bisa menabung untuk hal lainnya

MasKalem
Oleh MasKalem

Capailah cita-citamu setinggi langit, walaupun tidak tercapai tapi hidup kita akan mempunyai tujuan dan berguna karena adanya cita-cita tersebut.

Langganan

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>