Skip to main content

Ponsel Black Market Akan Segera Diblokir Di Indonesia

Kabar tentang diblokirnya ponsel black market atau ilegal di Indonesia ini sudah tersebar. Entah ini akan menjadi berita baik atau buruk bagi para pengguna gadget. Dari kabar yang saya dengar bahwa program ini akan terwujud dalam waktu dekat ini.

Program ini diberi nama dengan program Device Identification, Registration, and Blocking System (DIRBS) yang dapat mengenali ponsel ilegal dan rencananya akan diluncurkan pada bulan agustus mendatang.

Setelah program ini diaktifkan maka nantinya ponsel dengan nmor IMEI yang tidak terdaftar di kemenperin akan terputus langsung dari jaringan atau mengalami pemblokiran jaringan sehingga tidak dapat menggunakan kartu SIM Indonesia.

Aturan verifikasi dan kontrol IMEI ini direncanakan mulai terbit pada tanggal 17 agustus 2019 bertepatan dengan HUT RI Indonesia. Aturan ini akan dituangkan ke dalam Peraturan Mentri (Permen) yang diregulasi dan diterbitkan oleh tiga kementrian yaitu Kementrian Perindustrian, Perdagangan, dan juga kementrian Komunikasi dan Informasi.

Ponsel Black Market Diblokir
sumber CNBC

Bagi kalian yang sudah cek IMEI namun tidak terdaftak, kalian tidak perlu khawatir sebab ada transisi atau masa tenggang yang belum ditentukan sebelum nantinya semua ponsel benar-benar tidak dapat terhubung dengan jaringan.

Bagaimana pendapat kalian tentang berita ini, apakah ini berita bagus atau tidak, tinggalkan jawaban kalian di kolom komentar.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar